CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Rabu, 18 Februari 2015

Antara syukur dan sabar

Antara sabar dan syukur

Malam itu, kali k2ny aq menjadi assit bpk SPoG utk membantuny melakukan USG. Ini adalah minggu ke3 aq d klinik,  minggu yg lalu aq dinas mlm jdi tdk bisa membantu bpk utk menunggu pasien yg akan ditindak. Kira2 pukul 8an praktek d buka,  sebelum msk ruangan tentu pasien d regist terlebih dahulu. Saat itu pasien yg udah mendaftar sebyk 17 org. Kmi pun mulai memanggil 1 per satu pasien utk didata. Teman q melakukan anamnesis sedang aq mengukur tensi n menimbang berat badan. Saat regist berlngsg ada pasien yg marah knp namany tdk ada? Padahal sebelum ny iy telah menelpon ke klinik. Yah para karyawan klinik pada g ada yg bilang telah ditelpon yah terpaksa no ny jdi yg di bwh. Bpk SpOG udh berada d ruanganny aq siap menjadi assitny.

Satu per satu pasien dipanggil ada yg datang dengan keluhan mual muntah yg berlebihan dlm dunia medis disebut HEG atau hiperemesis gravidarum yg solusiny diberi obat untuk mengurangi sakitnya. Sebenarnya mual di pagi hari pada ibu hamil itu adalah hal biasa. Karena pengaruh hormon dan peningkatan produksi air ludah. Tapi klw mual muntahny sudah mengganggu aktifitas baru menjadi masalah. Satu per satu pasien di USG. Kemudian saat aq memanggil ny M dia tak menyahut jadi berkali2 aq memanggil namany. Ternyata ny itu sdg berpapasan dg pasien yg baru keluar saat d depan pintu iy marah2 krn aq terlalu sering memanggil namany wahhhh. Sia yg g nyahut siapa yg disalahkan aduhhhhh. Ternyata aq ingat ny itu yg mrh2 krn antrianny tadi. Sampe d ruangan si Ny juga mrh2 ke bpk SpOG. Bpk yg super ramah itu membela kami.

"Mungkin karena tadi nama ibuk dipanggil g nyahut kali"
Ibu itu langsung k minta ke t4 tidur untuk diperiksa. Saat di USG bapak bilang selamat ibuk, ibu hamil. Ny itu terkejut. Hamil dok? Tapi saya belum siap.....

Maksud ibu apa?

Saya belum siap dok

Maksudnya ibu ingin saya menggugurkan?

Iy dok saya belum siap, byk pertimbangan yg saya pikirkan

Apapun alasanny saya ini dokter, tugas saya untuk membantu org sakit, menyelamatkan nyawa. Klw ibu ingin menggugurkan berarti ibu membunuh buk. Klw ibu datang kesini untuk perawatan kehamilan dg senang hati saya membantu. Tapi klw niat ibu untuk itu. Mohon maaf sekali saya tidak bisa

Saya belum siap dok
Saya sudah mempunyai 4 org anak tentu byk biaya yg dibutuhkan ditambah untuk pendidikanny.  Anak paling kecil baru 1.5 tahun dia masih menyusui. Msh boleh saya susui dok?

Untuk sekarang ibu tak usah menyusui dulu karena mengganggu perkembangan janin. Anakny kan sudah 1.5 tahun udah bisa minum susu bantu.

Koq bisa saya hamil dok?  Saya sudah pasang kb suntik.

Bisa jadi ibu tidak teratur suntikny

Saya tiap bulan suntik dok

Ibuk telat suntikny barangkali

Iy sih dok. Saya telat 1 minggu suntik kemaren. Saya belum siap dok

Wah karna itu. Saat itu ibu berada dalam masa subur. Ibu kerja ny apa?

Saya guru dok

Wah ibu guru. Pasti ibu tau dgn apa yg ibu lakukan.  Ibu tau dg norma agama, norma hukum kan. Klw ibu org awam tentu saya bisa menjelaskan lebih dalam tapi ibu guru. ibu pasti mengerti. Sebaikny ibu fikirkan baik2 terlebih dahulu. Ini rezeki lo buk. Org udh bertahun2 ingin puny anak tapi tidak dapat juga. Sekarang ibu sdh dapat.

Baiklah dokter saya permisi dulu.

Mendengar pecakapan itu hati q benar2 tersayat......
Next pasien selanjutnya
Masuk pasangan suami istri,  sang ibu sudah berumur 39 tahun iya ingin kontrol sampe sekarang masih belum puny anak. Sekarang iy merasakan sesuatu yg aneh pada perutny.

Baik bapak silahkan duduk.
Ibuk silahkan ketempat tidur. Kata q
Saat dr melakukan pemeriksaan....

Maaf ibu saat ini ibu belum hamil. Ibu mengalami gangguan kesuburan. Ini berat badan ibu harus dikurangi ni bu makanan yg manis yg berpenyedap tidak boleh lagi ya ibu. Ibu n bapak masih bisa ni ingin punya anak. Byk alternatif yg bisa dilakukan inseminasi n bayi tabung.

Sebenarnya saya juga susah punya anak. Setelah 5 tahun menikah baru bisa punya anak. Klw ingin ibu n bapak bisa saya rekomendasi kan ke padang. Tmn saya yg ahli mengenai itu. Tapi biayany ya lumayan lah buk sampe ratusan jt.  Tapi untuk awal g sampe 15 jtan. Klw iy saya akan buat suratny.

Iy dok byk pertimbangan. Klw jarak n waktu bisa ditempuh. Tapi masalah biaya harus bersabar. Baiklah makasih dr atas bantuanny.....

Itulah percakapan dokter dg pasienny yg aq saksikan. Miris sekali rasany. 2 keluarga yg berbeda punya masalah yg bertolak belakang yg satu ingin punya anak tapi belum kunjung juga dapat yang satu udah dapat anak tapi tidak ingin punya anak. Itulah cobaan dalam hidup manusia. Semoga kita bisa menghadapi masalah hidup yg dijalani. Agar mampu bersyukur dg apa yg didptkan bisa sabar menunggu rezeki mungkin yg Allah mempunyai rencana lain. Jalani saja hidup ini. Semoga aq dan keluarga2 lain bisa bahagia dg perjalanan hidup ini.

Samira 18022015

0 komentar:

Posting Komentar